Buku Ajar Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Teori dan Praktik di Sekolah dan Madrasah

Buku Ajar Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Teori dan Praktik di Sekolah dan Madrasah
Published: 2019

Pada hakikatnya tujuan Pendidikan Agama Islam adalah mengembangkan kemampuan anak didik untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini peranan guru agama sangat penting guna mentransfer ilmu yang mereka miliki untuk membantu anak didik berkembang lebih baik sesuai dengan norma-norma agama yang berlaku. Tetapi, peranan pembentukan akhlak anak didik tidak hanya menjadi tanggung jawab guru agama saja, melainkan guru lain serta orang tua juga ikut berperan dalam pembentukan akhlak anak, terlebih adalah orang tua.

Untuk mencapai tujuan Pendidikan Agama Islam tersebut, maka diperlukan pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam sebagai bagian dari upaya untuk mengatasi problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang selama ini berjalan. Kurikulum bukan merupakan benda statis, akan tetapi dinamis. Diperlukan perencanaan, implementasi dan evaluasi terhadap kurikulum yang sudah ada secara terus menerus dan berkesinambungan yang disesuaikan dengan latar belakang konteks dan karakteristik peserta didik. Begitu juga dengan kurikulum Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan oleh guru di sekolah/madrasah di berbagai jenjang pendidikan.

Pengembangan kurikulum PAI merupakan kegiatan untuk menghasilkan kurikulum baru melalui langkah-langkah penyu-sunan kurikulum atas dasar hasil penilaian yang dilakukan selama periode tertentu. Hal ini ditujukan untuk membentuk peserta didik menjadi individu yang berakhlak mulia, dalam hubungannya dengan hakikat penciptaan manusia.

Secara garis besar tujuan pengembangan kurikulum Pen-didikan Agama Islam adalah untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan siswa terhadap ajaran agama Islam, sehingga ia menjadi manusia muslim yang bertakwa kepada Allah SWT, serta berakhlak mulia baik dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, melalui kegiatan pengembangan tujuan, indikator, materi ajar, pendekatan, model, metode pembelajaran, dan pengembangan media dan tekhnik evaluasi yang dilakukan secara terencana, sistematis dan berkesinambungan.

Untuk mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam, maka guru harus memahami tentang konsep, prinsip, model, pendekatan dan langkah-langkah dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam secara komprehensif. Dengan pema-haman tersebut diharapakan guru dapat lebih kreatif dan inovatif dalam mendesain pembelajarannya di kelas.

Selanjutnya, buku ajar ini hadir sebagai khazanah keilmuan Islam para mahasiswa umumnya, secara khususnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik untuk menjawab keperluan dan kebutuhan sebagai calon pendidik dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajarannya agar lebih menarik dan tidak membosankan. Melalui penyajian materi dalam buku ajar ini, guru Pendidikan Agama Islam penulis ajak untuk lebih inovatif dalam mendesain pembelajarannya menjadi pembelajaran yang menyenangkan (joyfull learning) dan lebih bermakna (meaningfull learning).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rate this review: